Apa itu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Kesekretariatan)?
Program studi Administrasi Perkantoran atau Kesekretariatan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan. Sejalan dengan tuntutan pekerjaan Administrasi Perkantoran, para peserta didik mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornmasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain. Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran. Prodi Administrasi Perkantoran menghasilkan profesional yang bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu profesi ini tidak bisa dianggap remeh. Biasanya profesi administrasi seperti sekretaris memang identik dengan wanita, hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi.
Dari kompetensi yang dipelajari , diharapkan mampu:
Jika kamu senang berpakaian rapih dan berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan memiliki keahlian dalam korespondensi, komunikasi, tata penyimpanan file, hingga mengorganisir acara pertemuan bisnis. maka prodi ini cocok buat kamu.
Muatan Peminatan Kejuruan
C1 Dasar Bidang Keahlian
1 Simulasi dan Komunikasi Digital
2 Ekonomi Bisnis
3 Administrasi Umum
4 IPA
C2 Dasar Program Keahlian
1 Teknologi Perkantoran
2 Korespondensi
3 Kearsipan
C3 Kompetensi Keahlian
1 Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
2 Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
3 Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
4 Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
5 Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Lulusan kompetensi ini bisa bekerja di berbagai industri menjadi staff administrasi (produksi, dokumen, operasional, ekspor impor), resepsionis, personalia, sekretaris, asisten sekretaris di Berbagai lembaga atau organisasi pemerintah atau swasta.