Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • SMK SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO
single-event-img-1

Sejarah


SMK SEPULUH NOPEMBER DALAM BINGKAI SEJARAH

Melewati jalan Raya Siwalanpanji Buduran Sidoarjo, kita akan terkesima dengan bangunan SMK Sepuluh Nopember. Ya..bangunan berarsitektur memanjang dari utara ke selatan ini merupakan salah satu sekolah swasta terbaik yang terletak di jalan Raya Siwalanpanji Buduran Sidoarjo. Sekolah ini mulai beroperasi pada tanggal 21 Juni 2010 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Purnama. Arsitek bangunan yang didominasi warna oranye dan kuning ini pada awal berdirinya mengembangkan empat jurusan atau program studi kesehatan yaitu Perawat Kesehatan, Analis Kesehatan, Farmasi Kesehatan, dan Farmasi Industri serta non kesehatan Pebankan Syari'ah, Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran

Sebagai suatu lembaga, SMK Sepuluh Nopember mempunyai visi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia yang mampu bersaing secara global. Dari visi tersebut maka misi yang mengikutinya  adalah menciptakan suasana yang kondusif untuk mengembangkan potensi siswa melalui penekanan pada penguasaan kompetensi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta bahasa asing. Meningkatkan penguasaan bahasa asing sebagai alat komunikasi dan alat untuk mempelajari pengetahuan yang lebih luas, meningkatkan frekuensi dan kualitas kegiatan siswa yang lebih menekankan pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keimanan dan ketakwaan yang menunjang proses belajar mengajar dan menumbuh kembangkan disiplin pribadi siswa. Menumbuhkembangkan nilai-nilai ketuhanan dan nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dan mengintegrasikannya dalam kehidupan. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah, lembaga swadaya, masyarakat, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya. Dalam pelaksanaan pola manajemen lembaga yang ada maka diperlukan moto bagi seluruh warga lembaga yaitu dengan moto “SEHATI” yang merupakan kependekan dari “Smart, Excellent, Healthy, Active, Talented, Innovative”.

Pada awal berdirinya, SMK Sepuluh Nopember mempunyai kuota penerimaan siswa baru sebanyak 12 rombongan belajar (kelas)  yang saat itu gedung belajarnya menjadi satu dengan SMP Sepuluh Nopember dengan pembagian gedung SMP berada dilantai dasar dan SMK di lantai dua. Adapun jumlah tenaga pengajar dan karyawan pada saat itu adalah 27 orang, dalam perekrutan guru ini bahwasanya semua guru berasal dari universitas negeri dan kompeten dibidangnya.

Ketika awal pembukaan sekolah ini berada dibawah kepemimpinan H. Imam Jawahir, S.Pd., M.M. dengan rombel sebanyak 12 kelas (yang terdiri dari 5 kelas jurusan perawat kesehatan, 2 kelas jurusan analis kesehatan, 3 kelas jurusan farmasi kesehatan, dan 2 kelas jurusan farmasi industri), dan tiga fasilitas Laboratorium (1 laboratorium Perawat Kesehatan, 1 laboratorium Analis Kesehatan, dan 1 laboratorium Farmasi), serta 1 buah musholah (pada saat itu masih setengah jadi).

Pada tahun kedua yaitu 2011, terjadi pergantian kepemimpinan yang semula H. Imam Jawahir, S.Pd., M.M. dan dialihkan kepada Hj. Ratih Wulansari, S.Si., M.MPd.. Di tahun ini, SMK Sepuluh Nopember tetap membuka 4 program studi. Di tahun ini pula, kegiatan belajar mengajar sudah berpisah dengan SMP Sepuluh Nopember dikarenakan pembangunan Gedung SMK sudah selesai dan berada di sebelah barat gedung SMP Sepuluh Nopember. Di bawah kepemimpinan Hj. Ratih Wulansari, S.Si., M.MPd.  pemenuhan fasilitas Pendidikan mulai terwujud satu persatu  antara lain 2 laboratorium perawat kesehatan, 2 laboratorium analis kesehatan, 2 laboratorium farmasi kesehatan, 1 laboratorium farmasi industri, 1 laboratorium Bahasa dan 1 ruang perpustakaan serta ruang-ruang kelas yang di butuhkan oleh siswa.

Ditahun 2014 SMK Sepuluh Nopember mendapatkan status terakreditasi dengan predikat A.

Melihat perkembangan dunia Pendidikan dan kebutuhan akan tenaga administrasi yang sangat banyak, Maka SMK Sepuluh Nopember membuka jurusan baru yaitu Administrasi Perkantoran dan Perbankan Syariah di tahun 2016.

Untuk mewujudkan visi misi yang termaktub diatas, maka sekolah melakukan pengembangan potensi diri siswa dengan beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Di SMK Sepuluh Nopember terdapat dua jenis ektrakuliler yaitu ekstrakurikuler wajib (harus diikuti oleh siswa kelas X dan XI) dan ekrakurikuler pilihan. Untuk ektrakurikuler wajib yaitu pramuka, sedangkan untuk ekstrakurikuler pilihan antara lain kerohanian Islam, teater, hockey, basket, paskibra, Bahasa jepang, Bahasa arab, dan lain sebagainya.

  • PPDB